Thursday 23 January 2020

Sagusablog Diklat Online Buat Guru Kekinian

Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas diperlukan tenaga pendidik (guru) yang profesional. Oleh karena itu selayaknya guru harus memiliki kompetensi yang memadai baik kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial maupun kompetensi kepribadian dalam menjalankan tugas.

Kompetensi ini diharapkan dapat berjalan seiring dengan perkembangan jaman secara berkelanjutan. Integrasi keempat kompetensi ini tercermin dalam kinerja guru yang berkualitas. Kinerja guru yang berkualitas menunjukkan guru profesional. Agar dapat menjadi guru profesional maka guru harus selalu berusaha untuk melakukan pengembangan diri.
Upaya untuk menfasilitasi dan meningkatkan kompetensi guru telah banyak dilakukan oleh pemerintah dalam bentuk Pendidikan dan Latihan (Diklat) yang dilakukan dengan tatap muka secara langsung.
Upaya ini mengalami kendala sehingga tidak semua guru di Indonesia dapat diikutkan dalam beberapa Diklat secara langsung. Kendala yang ada misalnya adalah letak geografis, besarnya jumlah guru, biaya, waktu dan kesempatan. Di sisi lain guru harus meninggalkan tugas ketika melakukan kegiatan Diklat. Kendala tersebut mengakibatkan guru yang menjadi sasaran Diklat menjadi tidak merata.
Berbagai pihak berupaya keras dalam meningkatkan kompetensi guruz salah satunya adalah Ikatan Guru Indonesia (IGI). Banyak diklat online yang diselenggarakan IGI bisa menjadi meningkatkan kompetensi guru.  Salah satu diklat online yang bisa kita ikuti adalah diklat Satu Guru Satu Blog (Sagusablog). Diklat Sagusablog ini guru akan memperoleh materi-materi yang bisa meningkatkan kompetensi mereka.
Adapun materi yang diberikan ketika ikut diklat Sagusablog dasar dan Lanjutan adalah sebagai berikut:

MATERI SAGUSABLOG DASAR (34 jam):
1. Membuat blog dengan blogger
2. Mengganti dan mendesain template bawaan blogger
3. Mendesain Header blog
4. Mengelola dan Menghias Blog
5. Membuat dan Mengelola Menu Blog
6. Membuat dan mengelola soal online di google drive
Jumlah jam dalam sertifikat:
         
:books: MATERI SAGUSABLOG LANJUTAN (36 Jam):
1. Membuat blog guru dengan engine blogger
2. Mengganti template blog guru dengan template dari pihak ketiga
3. Mendesain header blog guru dengan Adobe Photoshop
4. Mengelola dan menghias blog guru
5. Membuat soal online di Google Drive
6. Custom Domain dengan domain premium / domain gratis
7. Monetize Blog
8. SEO (Search Engine Optimization)

Diklat Sagusablog ini free alias GRATIS yang diselenggarakn oleh Ikatan Guru Indonesia






0 comments:

Post a Comment